Penulis: Aliftya | Editor: Handa

Munculnya belek atau kotoran pada mata pada anak, terutama pada usia bayi, sebetulnya adalah hal yang wajar. Namun, kondisi tersebut tentu tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, selain membuat pengelihatan terganggu, belek juga dapat membuat anak kesulitan membuka mata.

Nah, lalu apa saja sih hal-hal yang menyebabkan belekan pada mata anak ini? Bagaimana pula cara yang tepat dan aman untuk mengatasinya jika kondisi tersebut terjadi pada si kecil? Yuk, cari tahu jawabannya dalam rangkuman Catatan Bunda berikut ini!

Penyebab Belekan pada Anak

Mata belekan disebabkan bebera hal, antara lain:

1. Infeksi Bakteri

Adanya infeksi bakteri bisa menyebabkan kedua kelopak mata menempel akibat nanah yang keluar dan mengering. Alhasil, mata anak pun jadi sulit terbuka saat mereka terbangun dari tidur.

2. Konjungtivitis Virus

Tak hanya disebabkan oleh bakteri, mata belekan juga dapat terjadi karena adanya infeksi virus. Akan tetapi, berbeda dari konjungtivitis bakteri, belekan pada anak yang disebabkan oleh virus jarang memunculkan nanah dan biasanya terjadi di kedua mata.

3. Kelilipan Debu atau Benda Asing

Mata merupakan salah satu organ yang sangat sensitif. Sedikit saja debu atau sekecil apapun benda asing yang masuk ke dalam mata mampu menyebabkan iritasi pada mata. Jika tak segera dibersihkan, benda asing yang masuk atau menempel di area mata dapat memicu mata untuk memproduksi nanah.

4. Selulitis pada Kelopak Mata

Selulitis adalah infeksi yang umumnya merupakan kelanjutan dari konjungtivitis bakteri yang menyebar ke dalam mata. Namun, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh infeksi sinus ethmoid. Persoalannya, tak hanya menimbulkan belek, selulitis pada kelopak mata juga akan membuat mata bengkak, merah, dan terasa lunak jika disentuh.

5. Penyumbatan Saluran Air Mata

Saat terjadi penyumbatan pada saluran air mata atau obstruksi duktus nasolakrimalis, air mata tidak dapat dialirkan ke hidung dan menumpuk pada ujung mata. Akibatnya, mata anak terlihat sembab, berair, dan kemudian mengering bercampur dengan debu yang ada sekitar mata, hingga akhirnya terjadilah belekan.

Cara Mengatasi Belekan pada Anak

Beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi mata belekan pada anak, yaitu:

  • Cuci tangan Bunda dengan memakai sabun hingga bersih sebelum membersihkan belek pada mata anak
  • Siapkan kapas, cotton bud, atau kain bersih serta air hangat
  • Basahi kapas, cotton bud, atau kain tersebut lalu usap mata anak dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar secara perlahan
  • Ulangi langkah tersebut hingga mata anak bersih dari belek dan kerak
  • Cuci kembali tangan Bunda sesudah membersihkan belek pada mata anak dengan air mengalir dan sabun hingga bersih.

Sebagai catatan tambahan, jangan lupa untuk mengganti kapas atau cotton bud tiap kali mata diusap. Pastikan pula satu kapas hanya digunakan untuk satu usapan.

Selain itu, hindari berbagi handuk atau kain lap yang dipakai si kecil guna menghindari risiko kontaminasi bakteri. Selanjutnya, jika tak kunjung membaik, segera bawa si kecil ke dokter ya, Bunda.

Baca juga: