Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Bunda pernah merasakan telinga berdenging sebelah kiri? Ternyata hal ini bisa berhubungan dengan kesehatan, lho Bunda. Jadi, jangan langsung dikaitkan dengan mitos ya. Kondisi telinga berdenging dalam medis disebut dengan tinnitus.

Tinnitus atau telinga berdenging sebenarnya bukanlah penyakit. Namun, sebuah gejala yang disebabkan oleh berbagai hal. Kira-kira apa saja ya penyebab telinga berdenging sebelah kiri? Yuk simak ulasan berikut, Bunda!

Mitos Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Sebelum Bunda mengetahui penyebab umum telinga berdenging, biasanya kejadian ini juga dikaitkan dengan mitos. Mitos tentang telinga berdenging yang beredar dalam masyarakat ,antara lain:

  • Orang lain sedang membicarakan keburukan Bunda. Mitos yang umum beredar telinga berdenging sering dikaitkan dengan orang lain yang sedang membicarakan keburukan Anda. Daripada berprasangka buruk, lebih baik membiasakan diri berpikir logis tentang kesehatan. Sebab, telinga berdenging sebelah kiri dalam kondisi tertentu bisa berkaitan dengan trauma pada telinga, tumor pada otak, penyakit meniere, dan lain-lain.
  • Menghadiri konser. Mitos yang juga tidak kalah sering dikaitkan dengan telinga berdenging sebelah kiri adalah datang ke konser. Hadir dalam satu konser tidak akan membuat telinga Bunda berdenging. Kecuali Bunda datangnya berulang dan dalam kurun waktu berdekatan bisa menyebabkan tinnitus. Namun, jika setelah datang ke konser, kemudian telinga langsung berdenging itu mitos, ya Bunda.
  • Tidak waras. Hal yang juga menjadi mitos tentang telinga berdenging yaitu dikatakan tidak waras. Hal ini tentu saja tidak benar, ya Bunda. Sebab telinga berdenging tidak ada hubungannya dengan kesehatan mental.

Lalu, Apa Penyebab Telinga Berdenging?

Faktanya, telinga berdenging tidak ada hubungannya dengan mitos-mitos di atas. Penyebab telinga sebelah kiri berdenging umumnya karena hal-hal berikut ini:

  • Usia yang semakin bertambah diatas 60 tahun menyebabkan menurunnya indra pendengaran.
  • Mendengarkan suara dengan frekuensi keras, seperti bom, mendengarkan musik terlalu keras, dan lain-lain.
  • Banyak kotoran telinga yang menumpuk sehingga terjadi iritasi.
  • Struktur tulang pada telinga tengah yang berubah karena faktor keturunan.

Mengatasi Telinga Berdenging Sebelah Kiri.

Sebenarnya tidak ada obat untuk penyakit tinnitus. Jadi, ketika Bunda mengalami ini maka bisa diatasi dengan terapi pendengaran. Selain itu, memperbaiki pola hidup sehat, seperti tidak merokok, menghindari suara kencang dan melakukan meditasi juga bisa membantu mengatasi permasalah ini.

Bunda juga bisa menggunakan alat bantu dengar jika kondisi tinnitus semakin memburuk. Jika dalam waktu tiga hari telinga berdenging tidak kunjung reda bahkan mengurangi pendengaran Bunda, sebaiknya segera periksa diri Bunda ke dokter THT untuk mendapat perawatan dengan tepat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi telinga berdengung yang bisa Bunda coba. Jangan selalu mengaitkan dengan mitos ya Bunda! Sebab ada kondisi medis yang bisa menjelaskan hal tersebut. Jagalah pola makan dan hidup sehat agar Bunda terhindar dari tinnitus.

Baca juga: