Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Flek coklat atau bercak merah saat hamil muda disebabkan oleh beberapa kondisi termasuk perubahan hormon. Pada kondisi tertentu, Bunda tak perlu cemas, karena bisa jadi ini adalah tanda awal kehamilan. Namun Bunda juga perlu waspada adanya gejala lain yang yang agak berbahaya, misalnya masalah pada organ reproduksi hingga keguguran.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kondisi tersebut? Nah kali ini, Catatan Bunda akan mengulas 10 penyebab flek coklat muncul saat hamil. Yuk, simak artikelnya!

Penyebab Flek Coklat Saat Hamil Muda di Trimester Pertama

1. Kehamilan Ektopik

Pada kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi berimplantasi dan tumbuh di luar rahim, seperti di tuba falopi. Bunda yang mengalami kehamilan ini mungkin masih merasakan gejala kehamilan atau mendapatkan hasil tes kehamilan positif.

Namun kehamilan ektopik tidak dapat dipertahankan atau bertahan hidup. Kehamilan ektopik dapat menyebabkan perdarahan yang mengancam jiwa serta infeksi berbahaya jika terus berkembang. Jika Bunda mengalami flek coklat saat hamil muda bersamaan dengan nyeri perut atau panggul yang terasa sangat tajam, lemas, pusing, bahkan pingsan, maka segera periksakan diri ke dokter.

2. Perdarahan Implantasi

Flek dengan warna coklat terang ini biasanya terjadi sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan ketika telur yang dibuahi tertanam di lapisan rahim. Implantasi merupakan proses penempelan sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim.

Sebagian lapisan dinding rahim akan luruh dan keluar sebagai bercak darah atau flek berwarna coklat maupun menyerupai warna merah muda saat terjadinya penempelan sel telur. Biasanya flek atau perdarahan ini keluar sangat sedikit dan hanya terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari. Perdarahan implantasi ini sering dijadikan sebagai salah satu tanda terjadinya kehamilan.

3. Iritasi Serviks

Flek kecoklatan saat hamil muda di trimester pertama juga bisa disebabkan oleh iritasi serviks. Lonjakan hormon yang terjadi serta peningkatan aliran darah ke leher rahim saat hamil membuat serviks menjadi sangat sensitif dan rentan teriritasi. Hal ini dapat menyebabkan keluarnya flek atau bercak darah. Infeksi atau berhubungan seks saat hamil juga bisa menjadi penyebab iritasi serviks.

4. Keguguran Dini

Perdarahan di masa kehamilan terutama saat hamil muda juga bisa menjadi tanda awal keguguran. Biasanya flek darah tanda keguguran terjadi sebelum minggu ke-20 kehamilan. Gejala keguguran dini pada ibu hamil muda seperti perdarahan hebat, terutama disertai kram perut, nyeri punggung bawah, hingga keluarnya jaringan atau gumpalan dari vagina.

Penyebab Flek Coklat di Trimester Kedua

1. Polip Rahim

Polip rahim atau polip serviks adalah tumbuhnya tumor kecil yang memanjang di permukaan saluran serviks. Tumor ini dapat menyebabkan keluarnya flek atau bercak. Hal ini terjadi karena peningkatan jumlah pembuluh darah di jaringan sekitar area tumbuhnya tumor. Jangan terlalu cemas Bunda, sebab polip serviks tidak berbahaya. Meski demikian Bunda tetap perlu memeriksakan diri secara rutin ke dokter kandungan.

2. Infeksi Jamur

flek coklat saat hamil

Perubahan hormon saat hamil juga dapat memicu ketidakseimbangan bakteri pada vagina sehingga menyebabkan infeksi jamur. Flek coklat yang muncul saat hamil ini bisa menghasilkan cairan berbau amis. Keputihan seperti ini paling terlihat setelah Bunda berhubungan seks disertai dengan rasa gatal atau terbakar. Segera konsultasikan dengan dokter jika Bunda mencurigai munculnya flek coklat karena infeksi jamur.

3. Ruptur Uteri

flek coklat saat hamil

Ruptur Uterus merupakan kejadian yang cukup langka namun bisa mengancam jiwa. Dimana robekan rahim terbuka atau robek di sepanjang garis bekas luka dari operasi Caesar sebelumnya. Kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan hebat dan bayi kehilangan oksigen. Ruptur uteri juga bisa memicu terjadinya persalinan dini.

4. Plasenta Previa

flek coklat saat hamil

Flek coklat di trimester kedua dan ketiga usia kehamilan bisa menjadi tanda adanya masalah pada plasenta. Salah satu yang umumnya dialami ibu hamil adalah plasenta previa. Terjadi ketika plasenta menutupi leher rahim dan mengakibatkan pendarahan hebat selama kehamilan.

Penyebab Flek Coklat di Trimester Ketiga

1. Solusio Plasenta

Solusio plasenta adalah terpisahnya plasenta dari dinding rahim sebelum persalinan. Kondisi ini sering mengakibatkan perdarahan hebat, tapi terkadang perdarahan terjadi di atas plasenta dan hanya terjadi bercak atau flek.

2. Tanda Persalinan

Flek coklat atau bercak di trimester ketiga kehamilan juga menjadi tanda-tanda tubuh Bunda bersiap menuju persalinan. Lendir atau mucus yang sebelumnya menutupi bukaan leher akaun luruh dan keluar dari vagina. Selain flek coklat, lendir ini juga bisa berwarna merah muda. Biasanya flek coklat tanpa persalinan terjadi beberapa hari sebelum persalinan, yakni saat usia kehamilan memasuki 36-40 minggu.

Itu tadi 10 penyebab munculnya flek coklat saat hamil, Bund! Ada kondisi yang wajar, namun ada juga yang perlu Bunda waspadai. Saran dari Catatan Bunda, sebaiknya Bunda segera memeriksakan ke dokter kandungan, apalagi kalau munculnya flek coklat tersebut dibarengi dengan keluhan lain.

Baca Juga:

Sumber

Medical News Today. (2021). Is spotting in early pregnancy normal? Causes, symptoms, and all else you need to know. medicalnewstoday.com

Verywell Family. (2021). Spotting During Early Pregnancy. verywellfamily.com

Mayo Clinic. (2020). Bleeding During Pregnancy. mayoclinic.org