Penulis: Siti Rulli | Editor: Handa

Merasakan kehidupan bayi dalam kandungan tentu adalah pengalaman yang luar biasa bagi seorang Bunda. Momen ini menjadi hal manis yang tidak akan pernah terlupakan, sebab status seorang istri seketika akan berubah menjadi ibu. Memasuki hamil 5 bulan atau trimester kedua kehamilan Bunda tentu akan merasakan banyak hal yang berbeda.

Ketika sudah hamil 5 bulan, ada beberapa hal yang akan Bunda alami. Untuk itu jangan kaget ya Bunda. Berikut hal yang akan dialami saat memasuki masa kehamilan 5 bulan serta bayi dalam kandungan.

Perkembangan Janin Pada Usia 5 Bulan

Berikut perkembangan janin memasuki masa kehamilan 5 bulan dalam kandungan Bunda  yang perlu dipahami.

Usia 21 Minggu

Pada usia 21 minggu biasanya bayi dalam kandungan akan memiliki berat badan lebih dari plasentanya. Selain itu, organ pencernaan semakin kuat dan kelopak mata juga sudah terbentuk sempurna. Tidak hanya itu saja, bulu-bulu lanugo yang melindunginya juga akan tumbuh. Bahkan janin juga mulai belajar bernapas sebagai persiapan ketika dilahirkan nanti.

Usia 22 Minggu

Pada usia 22 minggu, si kecil dalam kandungan umumnya akan memiliki bobot 360 gram dan tumbuh menjadi 27,8 cm. Memasuki usia 22 minggu dalam kehamilan 5 bulan, janin juga bisa mendengar suara Bunda lebih jelas. Selain itu, ia juga akan mulai lebih aktif pergerakannya.

Usia 23 Minggu

Ketika memasuki hamil 5 bulan pada usia 23 minggu, janin dalam kandungan juga memiliki bobot 501 gram dengan panjang 28,9 cm. Otak janin pada usia 23 minggu juga mulai berkembang, serta ia makin jelas bisa mendengar. Selain itu wajah janin juga telah terbentuk sempurna.

Usia 24 Minggu

Pada 24 minggu masa kehamilan, si kecil sudah memiliki bobot 600 hra dan panjang 30 cm. Pada minggu ini umumnya ia juga sudah memiliki lemak meskipun sangat tipis. Selain itu, otak juga makin berkembang sangat pesat dan sidik jari juga terbentuk.

Apa Perubahan yang Dialami Bunda saat Hamil 5 Bulan?

Memasuki hamil 5 bulan, tidak hanya si kecil dalam kandungan yang mulai tumbuh dan berkembang, Bunda juga akan merasakan beberapa perubahan. Umumnya perubahan yang akan terjadi saat memasuki kehamilan 5 bulan, yaitu:

  • Kaki mulai bengkak
  • Ulu hati terasa nyeri
  • Garis hitam (linea nigra) pada area perut mulai muncul
  • Payudara terasa penuh
  • Makin sering merasa lapar
  • Perut makin cepat membesar dengan cepat
  • Bunda akan makin merasakan mood swing

Itulah hal umum yang akan Bunda alami saat hamil 5 bulan. Jika ada gejala-gejala yang terasa mengganggu, ada baiknya konsultasikan kepada dokter. Selain itu, tetap jaga pola makan ya Bunda dan jangan diet karena ini merupakan masa tumbuh kembang janin. Jadi, akan lebih baik jika Bunda membantu mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Baca juga: 

Sumber