Penulis: Aliftya | Editor: Handa

Tidak hanya menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang, seni melipat kertas atau yang biasa disebut dengan origami ternyata memiliki beragam manfaat lho, Bunda. Tak hanya melatih kemampuan anak untuk mengikuti instruksi dan aturan, permainan yang satu ini juga dapat meningkatkan ketelitian dan fokus, serta melatih kesabaran si kecil.

Nah, jika saat ini Bunda sedang mencari referensi cara berkreasi dengan kertas, pas banget nih karena Catatan Bunda sudah merangkum beberapa tutorialnya. Yuk, langsung praktik bareng si kecil!

1. Origami Ikan

Selain kertas, jangan lupa untuk siapkan alat tulis ketika akan membuat origami ikan ini ya, Bunda. Sementara itu, untuk membuat ikannya sendiri, pertama lipat kertas menjadi empat bagian. Setelahnya, tekuk masing-masing bagian dengan pola menyilang.

Lalu, lipat kertas secara horizontal dan vertikal agar membentuk pola garis tambahan. Selanjutnya, ambil sisi kanan dan kiri kertas untuk dilipat ke dalam. Tarik bagian bawahnya hingga membentuk segitiga. Kemudian, lipat kedua sisi ke bagian dalam. Terakhir, tinggal gambarkan mata, mulut, dan sisik dengan menggunakan spidol atau bolpoin.

2. Origami Kelinci

Langkah pertama, lipat kedua sisi kertas dengan bentuk segitiga. Selanjutnya, lipat kertas bagian atas ke bawah kira-kira 2 cm. Kemudian, lipat ujung sisi keduanya ke arah tengah hingga menyerupai bentuk telinga. Setelahnya, lipat bagian bawah ke belakang sepanjang setengah bagian. Terakhir, gambar mata, mulut, dan hidung kelinci dengan menggunakan pena.

3. Origami Rubah

Pertama, siapkan kertas dengan warna apapun. Lalu, lipat kertas menjadi dua bagian dengan membentuk pola segitiga. Tekuk lagi kertas tersebut pada bagian tengahnya, kemudian buka lipatan. Selanjutnya, lipat kedua tepi kertas ke dalam, namun jangan sampai ke bagian tengah (buat sedikit berjarak). Balikkan kertas dan gambar wajah si rubah!

4. Origami Kucing

Mirip seperti membuat origami rubah, pertama lipat kertas menjadi dua bagian berbentuk segitiga. Lipat lagi ke dalam bentuk segitiga, sehingga mencetak pola diagonal. Buka lipatan dan bentuk telinga dengan melipat sudut kiri serta kanan kertas ke atas secara miring. Terakhir, lipat sedikit ujung segitiga yang di tengah ke bawah. Gambar wajah kucing dan origami pun selesai.

5. Origami Anjing

Lipat kertas yang sudah disiapkan menjadi dua bagian secara diagonal atau membentuk segitiga sama kaki. Posisikan segitiga puncaknya ke bawah, lalu lipat ujung kanan dan kiri sedikit untuk membuat telinga anjing. Selanjutnya, lipat sisi ujung bawah kertas bagian tengah ke atas. Sesudahnya, Bunda pun tinggal mengajak si kecil untuk memberi gambar mata dan hidung pada origami tersebut.

Jadi, gimana, tidak sulit kan Bunda? Kira-kira, mana nih kreasi yang pertama kali ingin dibuat bersama anak di rumah?

Baca juga:

Sumber

Calistaorigami. Cara Membuat Origami Kelinci. www.calistaorigami.com

Orami. (2021). Cara Membuat Origami Binatang, Mudah untuk Diajarkan pada Anak. www.orami.co.id

SehatQ. (2021). 7 Manfaat Origami untuk Perkembangan Anak yang Luar Biasa. www.sehatq.com

Shepty Iecha. Tutorial Cara Membuat Origami Ikan dengan Mudah. www.sheptyiecha.com

Tobikin. Tutorial Origami Wajah Anjing. www.tobikin.com