Penulis: Mei Nurul | Editor: Aufia

Saat pertama kali melakukan hubungan badan dengan suami, tentu Bunda akan mengalami sebuah hubungan yang menggairahkan, bukan? Nah, jika Bunda mengamati ternyata akan muncul beberapa perubahan pada fisik Bunda, lho!

Perubahan fisik yang terjadi pada Bunda setelah berhubungan badan ini memang awalnya cukup aneh. Meskipun demikian, Bunda akan lebih terbiasa setelah beberapa kali melakukannya.

Nah, apa saja sih perubahan tubuh wanita setelah berhubungan seksual? Simak yuk Bund!

  1. Vagina menebal atau membengkak

perubahan tubuh wanita setelah berhubungan

Entah Bunda sadari atau tidak, setelah melakukan hubungan seks dengan suami, maka vagina akan menebal atau membengkak, lho!

Dilansir dari laman Hello Sehat, perubahan pada vagina ini akan berlangsung beberapa saat setelah berhubungan intim. Hal ini pun wajar terjadi sehingga Bunda tak per khawatir.

Setelah melakukan hubungan intim beberapa kali, maka perubahan yang akan terjadi pada vagina adalah vagina terasa kendur. Kondisi ini normal terjadi pada Wanita yang telah menikah karena selaput dara yang menutupi lubang vagina telah hilang. 

2. Payudara terasa membesar

Perubahan fisik lain yang terjadi pada Bunda setelah berhubungan seks adalah payudara terasa membesar. Mengapa demikian?

Nah, perubahan ini terjadi akibat pengaruh pembuluh darah  dan jaringan payudaranya. Jaringan payudara dan pembuluh darah pada payudara juga ikut melebar. Maka tak heran jika Bunda merasa payudaranya ;lebih besar dari ukuran sebelumnya.

Aktivitas ini ternyata juga menyebabkan puting payudara Bunda terasa tegang akibat adanya rangsangan selama berhubungan intim dengan suami.

Meskipun begitu, hubungan seks tidak dapat mengubah bentuk maupun ukuran payudara Bunda, lho! Perubahan pada payudara yang lebih spesifik akan terjadi saat Bunda sedang hamil dan menyusui.

3. Kram pada Rahim

perubahan tubuh wanita setelah berhubungan

Saat Bunda mencapai orgasme dalam berhubungan intim dengan suami, maka Bunda bisa saja mengalami kram pada Rahim, lho! Apakah Bunda pernah mengalaminya?

Nah, dilansir dari laman Orami, aktivitas seksual suami istri dapat menyebabkan tubuh melepaskan oksigen sehingga menyebabkan kontraksi pada Rahim.

Akan tetapi Bunda tak perlu khawatir karena terjadinya kram ini hanya terjadi sesekali aja kok Bund!

4. Vagina terasa gatal

Perubahan lain yang terjadi pada vagina setelah berhubungan seks adalah vagina terasa gatal. Kondisi ini mungkin cukup mengkhawatirkan bagi Bunda yang baru melakukan aktivitas seksual ini. Bener nggak, Bund?

Nah, dilansir dari laman Orami, rasa gatal pada vagina ini tak perlu dikhawatirkan kok, Bund karena hal ini terjadi akibat iritasi pada vagina saat bergesekan dengan suami.

5. Terjadi pendarahan pada vagina

Kondisi umum yang terjadi pada fisik Bunda setelah melakukan hubungan seksual dengan suami adalah terjadinya pendarahan pada vagina Bunda. Apakah Bunda pernah mengalami hal ini?

Dilansir dari laman Orami, pendarahan ini terjadi saat vagina kering kemudian mengalami pendarahan akibat gesekan yang terjadi selama aktivitas seksual.

Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka Bunda juga harus memeriksakannya kepada dokter.

6. Lebih mudah mengantuk

Setelah berhubungan seks dengan pasangan, Bunda tentu akan merasa lebih mengantuk bukan? Nah, ternyata tidak hanya Bunda saja yang mengalami hal ini karena setiap Wanita pun mengalaminya.

Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang melelahkan atau terjadinya reaksi tubuh terhadap perubahan kimia yang terjadi selama dan setelah orgasme.

Bahkan kondisi ini juga tak dialami oleh Bunda saja lho, tentu suami Bunda juga mengalami hal yang sama setelah berhubungan intim.

7. Terjadi perubahan warna kulit

Perubahan tak terduga lain yang bisa terjadi setelah Bunda berhubungan intim dengan suami adalah terjadinya perubahan warna kulit. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya bercak warna merah muda seperti campak pada dada atau wajah. Apakah Bunda telah mengalaminya?

Bunda tak perlu khawatir kok dengan kejadian ini karena perubahan ini terjadi akibat aliran darah yang meningkat pada kulit. Hal ini pun hanya terjadi sementara waktu kok! Tak perlu khawatir ya Bund!

Nah, itulah beberapa perubahan tubuh wanita setelah berhubungan intim. Jika hal-hal ini berkelanjutan dan membuat tidak nyaman, maka Bunda bisa mengonsultasikannya kepada dokter ya Bund!

Baca Juga:

Sumber