Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Bunda susah tidur nyenyak ketika hamil? Posisi tidur memang jadi masalah yang kerap muncul selama kehamilan. Akibatnya, Bunda kekurangan waktu tidur dan merasa lebih cepat lelah. Padahal ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas untuk menunjang perkembangan janin.

Kalau Bunda masih belum menemukan posisi tidur yang tepat, boleh banget mencoba beberapa posisi tidur ibu hamil sesuai usia kandungan di bawah ini! Dijamin bisa mengatasi masalah tidur tak nyenyak selama periode kehamilan!

1. Tidur Tengkurap di usia kehamilan 1 Bulan?

Tidur dalam posisi apapun masih diperbolehkan untuk ibu hamil di usia kehamilan 1 bulan. Termasuk posisi tidur tengkurap selama kehamilan belum membesar. Bunda masih diperbolehkan tidur tengkurap hingga usia kehamilan mencapai 16-18 minggu. Perut yang semakin lama semakin besar membuat posisi tidur ini dirasa kurang nyaman dan Bunda mungkin akan merasa seperti tidur di atas semangka.

Jangan khawatir jika tiba-tiba Bunda berguling tengkurap saat tidur. Dinding rahim dan cairan ketuban melindungi janin dari tekanan di perut. Sebagai bahan pertimbangan, Bunda bisa menggunakan bantal perut agar lebih nyaman tidur dalam posisi ini.

2. Tidur Telentang di Usia Kehamilan 2 Bulan

Berdasarkan penelitian British Journal of Obstetrics and Gynecology menyatakan bahwa posisi tidur terlentang dapat meningkatkan risiko stillbirth pada ibu hamil. Itulah sebabnya ibu hamil tidak disarankan tidur terlentang, Bunda.

Tidur terlentang saat hamil khususnya pada trimester 3 kehamilan bisa membuat rahim menekan tulang belakang, otot punggung, usus, dan pembuluh darah utama. Akibatnya ibu hamil akan merasakan sakit punggung, ambeien, penurunan peredaran darah ke janin, serta sleep apnea atau gangguan henti napas.

Meski demikian, Bunda masih diperbolehkan tidur terlentang dan dianggap aman pada trimester pertama kehamilan. Dengan catatan, tidur terlentang boleh dilakukan sesekali saja. Jika posisi ini dilakukan untuk jangka waktu yang lama maka dapat menimbulkan masalah kehamilan.

Agar posisi tubuh tidak berubah saat tidur, Bunda bisa meletakkan bantal di belakang punggung. Hal ini membantu tubuh tidak terlentang saat tidur dan memungkinkan darah mengalir dengan lancar pada janin dalam kandungan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman di pinggul dan tubuh bagian bawah, Bunda juga bisa menyelipkan bantal di antara kedua kaki.

3. Tidur Miring ke Kiri

National Sleep Foundation menyebutkan tidur menyamping atau miring ke kiri merupakan posisi terbaik bagi ibu hamil. Posisi ini dikatakan mampu mencegah stillbirth, kondisi janin meninggal dalam kandungan.

Posisi tidur miring ke kiri dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta serta janin. Tidur miring ke kiri bagi ibu hamil juga membantu mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki, mengatasi keluhan mendengkur selama kehamilan, serta membantu ginjal bekerja lebih efisien sehingga mampu menghilangkan cairan dan zat sisa dari dalam tubuh.

4. Tidur Miring ke Kanan

Posisi tidur miring ke kanan sebenarnya tidak dianjurkan bagi ibu hamil khususnya pada trimester ketiga. Namun jika merasa kurang nyaman dengan posisi tidur miring ke kiri, Bunda boleh sesekali mengubah posisi tidur miring ke kanan. Cara ini juga membantu mengurangi tekanan pada pinggul kiri.

Tapi perlu diperhatikan Bunda, hindari tidur miring ke kanan dalam waktu lama.  Tidur miring ke kanan dapat menekan organ hati dan membuat asupan nutrisi ke janin berkurang. Posisi tidur ini juga dapat meningkatkan risiko keguguran.

5. Posisi Tidur Tiga Perempat

posisi tidur ibu hamil

Masih belum mendapatkan posisi tidur yang nyaman? Bunda bisa mencoba posisi tidur tiga perempat ini! Manfaatkan bantal bersalin untuk menopang kepala dan membuatnya lebih nyaman. Pertahankan posisi satu kaki ditekuk dan satu kaki lagi terlentang dengan bantal di antara paha.

Cara ini melancarkan aliran darah serta mengurangi ketegangan otot dan persendian. Jangan ragu untuk menggunakan banyak bantal dan meletakkannya di mana pun agar membuat tubuh nyaman saat tidur.

6. Posisi Tidur Ibu Hamil 7-9 Bulan

posisi tidur ibu hamil

Bunda bisa menggunakan bantal khusus kehamilan jika tidak terbiasa tidur miring. Bantal tidur khusus ibu hamil membantu mencegah tidur telentang. Sebagai alternatif, cobalah tinggikan kepala beberapa inci saat tidur dengan menambahkan buku atau balok.

American Pregnancy Association memberikan tips posisi tidur ibu hamil yang aman dan nyaman. Silangkan satu kaki di atas kaki lainnya. letakkan bantal di antara kaki dan bantal lainnya di belakang tubuh.

Baca Juga:

Sumber

Healthline. (2021). What Are the Best Sleeping Positions When You’re Pregnant? healthline.com

What to Expect. (2021). Sleeping Positions During Pregnancy. whattoexpect.com

Halodoc. (2021). Ini Posisi Tidur yang Disarankan saat Hamil. halodoc.com