Penulis: Vinna | Editor: Handa

Bagi Bunda yang tengah hamil (bumil) ketika makan baik itu sarapan, makan siang, dan makan malam pasti bernutrisi, bergizi, serta sehat. Ternyata tidak hanya makanan utama saja, namun Bunda juga harus memakan camilan yang bernutrisi, bergizi, dan sehat untuk dikonsumsi.

Di samping Bunda mangonsumsi makanan sehat, Bunda dapat mengonsumsi vitamin prenatal untuk turut serta membantu memberi Bunda nutrisi yang dibutuhkan Bunda dan calon buah hati selama kehamilan. Pastikan vitamin prenatal Bunda memiliki asam folat, zat besi dan kalsium di dalamnya, dan sebagian besar masing-masing harus dikonsumsi dengani takaran yang tepat. Untuk mengetahui apa saja cemilan sehat untuk Bunda semua yang sedang hamil, yuk lihat rekomendasi di bawah ini.

1. Apel, Selai Kacang, dan Kreker

Dengan protein, serat, dan lemak sehat, Bunda akan merasa kenyang di antara waktu makan. Oleskan selai kacang sekitar 1 atau 2 kali sendok makan ke irisan apel dan kreker.

Pilihlah selai kacang yang alami daripada selai kacang biasa, yang mengandung minyak terhidrogenasi yang tidak sehat. Bunda bisa mencoba kombinasi berbeda antara selai kacang (almond, mete) dan buah (pir, pisang) juga.

2. Yoghurt dengan Kacang dan Buah

Pilihan camilan yang kedua ini dianjurkan untuk Bunda agar mengonsumsi hanya tiga porsi susu rendah lemak setiap hari, sehingga Bunda dan calon buah hati mendapatkan kalsium yang cukup untuk tulang dan gigi menjadi kuat. Greek yoghurt memiliki lebih banyak protein daripada yoghurt biasa dan mungkin lebih mengenyangkan.

Plain yoghurt memiliki lebih sedikit gula daripada rasa, tetapi kedua jenis yoghurt tersebut sama sehatnya. Bunda bisa menaburkan kacang sekitar 1 hingga 2 kali sendok makan untuk protein dan serat. Atasnya ditaburi dengan buah, seperti beri, atau persik yang dipotong dadu, atau kismis.

3. Anggur dan Beri

Buah anggur dan beri penuh dengan kandungan nutrisi, seperti Vitamin C dan Vitamin K. Kedua buah itu juga tinggi kandungan antioksidan. Bunda bisa padukan camilan manis ini dengan sumber protein dan lemak sehat, seperti selepas kacang almond untuk menjadikannya camilan yang lebih mengenyangkan.

4. Keju dan Kreker

Camilan keempat ini adalah keju dan kreker. Bunda bisa mengkonsumsi kreker jenis apa pun seperti Triscuts, Saltines, whole grain, whole wheat, atau flax crackers.

Rasa asin sangat bagus untuk mual, tetapi tidak akan membuat Bunda merasa kenyang yang lama. Keju adalah sumber kalsium, fosfor, dan seng yang bagus, serta kandungan protein dan lemaknya yang tinggi akan membantu Bunda tetap kenyang di antara waktu makan.

5. Mangga

Satu mangkuk mangga yang halus ini, menjadikannya sebagai camilan yang enak saat Bunda menginginkan camilan manis. Faktanya, sebagian besar kalori mangga berasal dari kandungan gula alaminya yang tinggi.

Selain rasanya yang manis, Bunda juga akan mendapatkan 3 gram serat per satu mangkuk mangga, bersama dengan Vitamin A dan Vitamin C dalam jumlah yang baik. Salah satu antioksidan yang diketahui, Vitamin C penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

6. Kentang Panggang dengan Topping Yoghurt

Lesyy/Getty Images

Kentang adalah camilan yang mudah dibuat dalam microwave tetapi juga bisa dimakan saat keadaan dingin. Kulit kentang mengandung serat tidak larut yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Kentang juga memiliki potasium, folat, dan zat besi.

Kandungan Zat besi berperan membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga berperan dalam perkembangan otak. Vitamin C, dan nutrisi lainnya di dalam kentang, membantu tubuh Bunda menyerap zat besi dengan lebih baik.

Alih-alih menggunakan mentega atau krim asam untuk melapisi kentang, cobalah yoghurt tanpa lemak dan taburan daun bawang.

7. Almond Panggang

Almond adalah sumber nutrisi yang penuh dengan serat, protein, vitamin E, kalium, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Almond kaya akan fitokimia pelawan penyakit dan memiliki jumlah nutrisi yang baik seperti serat, zat besi, dan kalsium yang sangat penting bagi wanita hamil.

Bunda bisa makan almond mentah tetapi rasanya lebih terasa jika Bunda memanggang Almond di oven hanya dalam beberapa menit. Bisa mengkombinasikan dengan cranberry kering untuk campuran yang lezat atau bisa dimakan saat lapar menyerang.

Ketika Bunda mengkonsumsi camilan sehat dan bernutrisi, tidak hanya baik demi kesehatan buah hati, namun juga baik untuk Bunda. Oleh karena itu penting bagi Bunda untuk memilih dan mengkonsumsi camilan sehat dan bernutrisi.

Baca juga: