Penulis: Agatha Vidya | Editor: Handa

Menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB sangatlah penting. Oleh karena itu, Bunda perlu mengoleskan sunscreen atau tabir surya ke wajah. Tak hanya untuk melindungi kulit, faktanya sunscreen juga berfungsi untuk mengurangi risiko penuaan dini, mencegah risiko kanker kulit, dan mencegah munculnya bercak hitam pada kulit karena terpapar sinar matahari.

Perlu diingat, Bund! Sunscreen perlu digunakan baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Dan idealnya digunakan setelah rutinitas skincare pagi atau sebelum menggunakan make up.

Buat Bunda yang memiliki kulit berminyak, pasti susah menemukan produk skincare yang cocok, terutama sunscreen. Nah, kali ini tim Catatan Bunda akan berbagi info mengenai produk sunscreen untuk kulit wajah berminyak. Bunda mau tahu apa saja? Check ke bawah yuk Bund!

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

sunscreen untuk kulit berminyak Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Produk sunscreen keluaran brand Azarine ini bertekstur gel sehingga tidak membuat kulit menjadi tambah berminyak ketika diaplikasikan. Sunscreen yang mengandung SPF 45 PA++++ ini juga berfungsi untuk melembabkan kulit, Bund!

Dan kabar baiknya, produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel tidak whitecast ketika diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah dan leher. Harganya juga cukup terjangkau Bund, hanya Rp 64.000.

2. Biore UV Aqua Rich

sunscreen untuk kulit berminyak - Biore UV Aqua Rich

Keunggulan Biore UV Aqua Rich adalah teksturnya yang ringan seperti air sehingga mudah meresap ketika diaplikasikan ke kulit. Produk ini dilengkapi kandungan SPF 50 PA++++ serta hyaluronic acid dan citrus essence. Selain itu, sunscreen ini juga mengandung aqua micro capsule yang bisa memberikan efek sejuk di kulit.

Mau tahu bisa dibeli di mana? Bunda dapat membelinya di drugstore atau e-commerce dengan perkiraan harga Rp 115.000.

3. Nivea Sun Protect

Skincare keluaran Nivea ini merupakan gabungan moisturizer dan sunscreen yang mengandung SPF 50 PA++++. Tekstur sunscreen Nivea ini sangat ringan dan cair sehingga mudah diaplikasikan. Tentu hasilnya tidak membuat kulit berminyak, bahkan bisa dibilng kulit jadi matte, kering tanpa kilap minyak. Sunscreen dengan kemasan kecil ini dibanderol dengan harga Rp 55.000.

4. Emina Sun Protection

Emina Sun Protection merupakan sunscreen yang mengandung SPF 30 PA+++ dan memiliki tekstur ringan sehingga mudah diaplikasikan ke wajah. Sementara kandungan humectant, D-panthenol, dan aloevera-nya mampu melembabkan wajah. Produk ini dapat Bunda dapatkan di minimarket atau drugstore dengan kisaran sekitar Rp 30.000. Sangat terjangkau kan, Bund?

5. L’oreal UV Perfect Matte & Fresh Long UV

Produk L’Oreal dengan kemasan berwarna hijau ini mengandung SPF 50++++ dan dilengkapi formulasi yang cocok untuk kulit berminyak. Setelah diaplikasikan, wajah akan terlihat matte tanpa kilap minyak.

Produk dengan harga dikisaran Rp 90.000 ini bisa Bunda temukan di minimarket, supermarket, drugstore, dan e-commerce.

6. Skin Aqua UV Moisture Gel

Kandungan SPF 30 PA+++, hyaluronic acid, collagen, vitamin E, vitamin B, dan vitamin C; membuat sunscreen ini cocok digunakan Bunda yang memiliki kulit wajah berminyak.

Tekstur gel-nya membuat produk ini mudah meresap dan ringan ketika diaplikasikan ke kulit. Skin Aqua UV Moisture Gel dapat digunakan sehari-hari dan dapat dibeli di dengan kisaran harga Rp 47.000. Murah banget kan Bund!

7. Skin Aqua UV Moisture Milk

Sama-sama bermerk Skin Aqua, namun produk yang satu ini teksturnya cenderung berair dan ringan sehingga cepat meresap di kulit dan tidak lengket untuk pemakaian sehari-hari. Skin Aqua UV Moisture Milk mengandung SPF 50 PA+++ dan hyaluronic acid yang mampu melembabkan wajah.

Sementara itu, kandungan collagen-nya mampu menutrisi kulit wajah Bunda. Produk ini dapat Bunda temukan di minimarket, supermarket, drugstore, atau e-commerce dengan kisaran harga Rp 55.000.

8. Erha 21 Acne Care Lab Acne Sun Friendly SPF 30 PA+++

Sunscreen yang dikeluarkan dari klinik kecantikan Erha ini juga cocok untuk kulit Bunda yang cenderung berminyak lohSunscreen ini mengandung SPF 30 PA+++, zinc gluconate, dan niacinamide sehingga aman untuk kulit berminyak.

Produk ini dilengkapi formula untuk mengontrol dan menyerap minyak berlebih. Dan tentunya tidak menimbulkan whitecast ketika diaplikasikan ke kulit wajah. Harganya juga terjangkau, hanya Rp 130.000. Cukup worth it jika dibandingkan dengan segudang manfaatnya.

Itu tadi rekomendasi sunscreen yang cocok digunakan untuk kulit berminyak. Kira-kira Bunda mau beli yang mana nih?

Baca juga:

Sumber