Penulis: Litalia Putri | Editor: Handa

Mempunyai taman bunga di halaman rumah dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk. Dengan memanfaatkan teras ataupun pekarangan yang sempit, berbagai jenis tanaman dapat dijadikan sebagai penyejuk mata ketika sedang bersantai menikmati sore hari. Selain itu, berkebun juga dapat dijadikan sebagai kegiatan mengurangi stress untuk keluarga setelah selesai dengan aktivitas masing-masing.

Untuk memperoleh tampilan yang cantik serta perawatan yang mudah, Bunda perlu memilih jenis tanaman hias yang tahan terhadap segala kondisi. Hal ini karena terdapat berbagai jenis tanaman hias yang membutuhkan perawatan ekstra dalam pertumbuhannya.

Sehingga dengan memilih tanaman hias outdoor yang tahan segala kondisi serta tidak banyak membutuhkan asupan air, perawatan yang dilakukan akan lebih mudah dan tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang tanaman tersebut. Berikut ini merupakan beberapa tanaman hias outdoor dengan perawatan mudah yang dapat Bunda jadikan pilihan untuk mempercantik dekorasi rumah Bunda.

1. Aglaonema atau Sri Rejeki

Aglaonema atau Sri Rejeki ini merupakan tanaman hias yang masih satu famili dengan talas-talasan. Perawatan tanaman ini juga cenderung mudah karena masih dapat bertahan hidup meskipun sinar matahari yang didapatkan minimal. Hal ini menjadi alasan tanaman aglaonema banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain dapat bertahan hidup dengan sinar matahari yang minim, tanaman yang merupakan tumbuhan asli daerah tropis ini juga dapat menyimpan banyak air. Sehingga untuk penyiramannya sendiri dapat dilakukan hanya dengan satu kali sehari. Cukup mudah kan Bunda.

2. Caladium

Jenis tanaman hias yang satu ini juga masih satu famili dengan aglaonema. Caladium juga merupakan tanaman yang bersuku talas-talasan dengan bentuk daun yang sedikit berbeda dari aglaonema. Ciri khas yang membedakan tanaman ini dengan aglonema yaitu bentuk daun yang lebih lebar dan sedikit lebih membulat dibandingkan dengan Sri Rejeki.

Sama halnya dengan aglonema, caladium juga banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan bukan hanya di wilayah Asia, tanaman hias dengan suku talas-talasan ini juga banyak diminati oleh warga Amerika maupun Eropa.

3. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia merupakan tanaman hias outdoor dengan perawatan yang cukup mudah loh Bunda. Tanaman bunga dengan banyak duri ini mempunyai sistem penguapan yang minimal. Sehingga membuat tanaman euphorbia ini cenderung tahan panas dan mudah bertahan hidup dengan kondisi apapun.

4. Bunga Kamboja

Tentunya Bunda sudah sering melihat jenis bunga kamboja. Sebab bunga ini memang banyak tumbuh di pedesaan atau kota di Indonesia. Bunga ini cenderung tahan panas dan tidak memerlukan banyak air. Hal ini membuat banyak masyarakat yang menjadikan tanaman ini sebagai salah satu tanaman hias di rumah karena perawatannya yang mudah.

5. Bunga Bougenville

Bunga bougenville atau yang biasa Bunda kenal dengan bunga kertas tentunya sudah tidak asing lagi. Bunga dengan berbagai warna yang indah ini tentunya akan memberikan efek hangat ketika tengah bersantai di teras rumah. Perawatan bunga ini juga cenderung mudah loh Bunda. Hanya dengan menyiramnya seminggu dua kali saja, tanaman ini akan tetap tumbuh dengan subur loh.

6. Kaktus

Untuk Bunda yang menginginkan dekorasi dengan nuansa minimalis, kaktus dapat menjadi salah satu pilihan tanaman hias outdoor yang diletakkan di teras atau pekarangan rumah. Perawatan kaktus yang sangat mudah serta adanya berbagai jenis baru membuat tanaman ini juga banyak peminatnya. Selain sebagai tanaman outdoor, tanaman yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman penghias meja ataupun tanaman indoor dengan model yang lebih kecil.

7. Lidah Mertua

Rekomendasi tanaman yang selanjutnya yaitu lidah mertua. Tanaman dengan nama ilmiah Sansevieria ini juga efektif untuk menyerap karbon dioksida dalam jumlah besar loh Bunda. Dengan bentuknya yang runcing, perawatan tanaman yang satu ini juga dapat dikatakan mudah. Hal ini karena tanaman lidah mertua juga tidak memerlukan air yang banyak dan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang panas.

8. Kembang Sepatu

Rekomendasi terakhir tanaman hias outdoor untuk Bunda tanam di pekarangan rumah yaitu kembang sepatu atau hibiscus. Tanaman ini biasanya dijadikan pagar oleh masyarakat pedesaan. Meskipun demikian, dalam jumlah yang sedikit tanaman bunga ini juga sangat bagus dijadikan sebagai salah satu tanaman hias di halaman rumah.

Seperti tanaman hias yang lainnya, perawatan kembang sepatu juga mudah loh Bunda. Tanaman ini memerlukan air yang tidak terlalu banyak dan dapat bertahan hidup dengan suhu yang panas. Agar tetap terlihat segar, Bunda hanya perlu menyiramnya dua hari sekali loh.

Demikian tadi beberapa rekomendasi tanaman hias outdoor yang dapat Bunda jadikan pilihan untuk mempercantik pekarangan rumah. Mudah kan Bunda.

Baca juga:

Sumber

Sheridan Nurseries.com. (2020). 10 Best Tropical Plants for Your Patio. sheridannurseries.com.

Starfarm.co.id. 7 Tanaman Hias Outdoor Yang Mudah Dirawat Cocok Untuk Pemula. starfarm.co.id.

CNN Indonesia. (2020). 10 Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor dengan Bentuk Memesona. www.cnnindonesia.com. 

CNBC Indonesia. (2021). 7 Tanaman Hias Outdoor Ini Gampang Dirawat, Gak Bikin Repot. www.cnbcindonesia.com