Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Sudah jadi rahasia umum ya Bund, kalau orgasme adalah salah satu tahapan kunci dalam seks. Saat orgasme, suami melepaskan sperma untuk membuahi sel telur dalam rahim istri. Selain itu, orgasme juga dapat membantu meningkatkan harmonisme sebuah rumah tangga. Karena, pada proses ini banyak hormon yang dapat mendorong rasa kasih sayang yang dilepaskan oleh tubuh. 

Tak hanya laki-laki, wanita pun juga mengalami orgasme. Bunda dan suami juga perlu mengetahui tahapan orgasme ini supaya kehidupan seks dapat menyenangkan kedua belah pihak. Lalu bagaimana tahap dan tanda orgasme pada wanita? Yuk, cari tahu di ulasan berikut!

Tanda Wanita Mengalami Orgasme

Saat akan mengalami orgasme, biasanya wanita akan mengalami tanda-tanda sebagai berikut:

  • Payudara terasa penuh dan kencang.
  • Puting susu akan mengeras.
  • Ketegangan otot meningkat.
  • Klitoris membesar dan labia minora (bibir bagian dalam vagina) memerah.
  • Hembusan nafas dan detak jantung semakin cepat.
  • Vagina akan mengeluarkan cairan lubrikasi.
  • Dinding vagina mulai membesar.
  • wajah memerah (bagi sebagian wanita).

Namun perlu dicatat, tiap wanita memiliki gejala dan pengalaman orgasme yang berbeda. Agar kehidupan seks Bunda dan pasangan lebih hot, tak ada salahnya saling bercerita tentang gejala orgasme pengalaman seks tersebut. Karena, sejatinya seks yang baik seharusnya memuaskan kedua belah pihak sekaligus.

Tahap Orgasme Pada Wanita

Setelah mengetahui tanda-tanda orgasme pada wanita, berikut 4 tahapannya:

1. Excitement 

Tahap yang pertama adalah tahap excitement (kebahagiaan). Perlu Bunda ketahui bahwa ketika berhubungan seks, banyak hormon endorfin yang dirilis ke dalam darah. Hormon ini mendorong Bunda untuk merasa senang dan dipenuhi rasa kasih sayang. 

Tanda dari tahap ini adalah otot-otot tubuh mulai menegang, detak jantung dan nafas yang semakin cepat, payudara terasa penuh dan putingnya mengeras.

2. Plateau

Selanjutnya adalah tahap plateau. Di tahap ini, Bunda akan merasakan bagian intim Bunda terasa lebih sensitif dan ‘basah’. Hal ini disebabkan karena pressure tubuh yang tinggi mendorong aliran darah untuk berkumpul di vagina sehingga vagina terasa lebih penuh dan sensitif. Sehingga mendorong vagina untuk memproduksi lebih banyak cairan. 

2. Orgasme

Tahapan ini ditandai dengan beberapa gejala seperti, kecepatan detak jantung dan aliran darah yang semakin cepat, vagina terasa lebih panjang dan besar, getaran-getaran yang terjadi pada organ tubuh di sekitar selangkangan dan rasa senang dan bahagia yang memuncak. 

Proses puncak orgasme hanya terjadi selama beberapa detik. Namun, sekalinya Bunda bisa melepaskan cairan yang ada di dalam vagina, Bunda akan merasa lega dan tenang. Sssttt, Seorang wanita bisa mencapai lebih dari 1 kali orgasme loh!

4. Resolusi

Tahap orgasme yang terakhir adalah tahap resolusi. Tahapan ini terjadi ketika aliran darah yang sebelumnya ada di vagina mengalir ke organ lain kembali sehingga ukuran vagina akan kembali seperti semula. 

Tidak hanya ukuran vagina, detak jantung dan pernafasan pun kembali normal pada tahapan ini. Setelah resolusi selesai, tubuh akan melepaskan beberapa hormon seperti endorfin, oksitosin dan prolaktin. Sehingga Bunda akan merasa senang, lega, rileks dan bisa jadi mengantuk. Maka dari itu, pillow talk sangat cocok untuk dilakukan setelah seks selesai. 

Nah, itu tadi beberapa tahap dan tanda orgasme yang secara umum dialami oleh wanita. Yuk, kasih tahu suami!

Baca Juga:

Sumber

Alodokter (2020). 7 Tanda Wanita Orgasme yang Penting diketahui Pria. alodokter.com

Medical News Today (2020). Female orgasms: What you need to know. medicalnewstoday.com

Med India (2020). Orgasm – Myths and Facts – Stage of Female Orgasm. medicalnewstoday.com