Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi membantu mempercantik ruangan. Tanaman hias daun jadi alternatif pilihan untuk mempercantik rumah. Selain karena salah satu manfaatnya yang membuat sejuk rumah, tanaman hias daun juga cukup mudah soal perawatan. Nah, jika Bunda masih bingung memilih tanaman untuk dekorasi rumah, beberapa rekomendasi tanaman hias daun ini mungkin bisa jadi pilihan yang sesuai.

1. Monstera

Tanaman Hias Daun

Ciri khas tanaman hias ini adalah bentuk daunnya yang lebar dengan warna hijau pekat. Lubang-lubang di sekitar tepian daun membuat monstera terlihat unik dan menarik sehingga kerap dijadikan tanaman hias indoor maupun outdoor. Selain itu, perawatan tanaman hias monstera terbilang mudah. Tidak hanya menambah kesan estetis, monstera juga mampu menyerap karbon dioksida dan melepas oksigen dengan baik di malam hari. Tentunya, udara di ruangan akan terasa lebih segar di pagi hari lho, Bund.

2. Gelombang Cinta

Sebelum monstera, gelombang cinta telah menjadi tanaman hias daun yang paling populer. Tanaman hias ini terlihat cantik diletakkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Bentuk daunnya yang besar dan memanjang serta unik menjadikan gelombang cinta memiliki harga yang relatif lebih mahal dari tanaman hias lainnya.

3. Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun

Jangan lupa Bunda untuk melengkapi koleksi tanaman hias di rumah dengan kuping gajah. Ya, tanaman hias daun ini juga cukup populer di Indonesia dengan bentuk daunnya yang beragam serta warna-warni daun yang cantik. Kuping gajah juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit kulit, mempercepat penuaan bisul, mencegah infeksi kuman dan bakteri, hingga meredakan pembengkakan pada mulut dan tenggorokan.

4. Lili Paris

Lili paris memiliki bentuk daun yang kecil memanjang. Sehingga cocok sebagai tanaman hias gantung atau diletakkan di ambang jendela dan sudut meja. Tanaman hias daun ini juga mampu menyerap polutan di udara dan menjadikan ruangan terasa lebih sejuk. Perawatannya juga cukup mudah. Bunda cukup menyiram dan menjemurnya 2-3 hari sekali.

5. Calathea

Calathea membantu Bunda mendapatkan dekorasi ruangan yang segar dan cantik. Tanaman hias ini memiliki daun dengan serat bermotif belang-belang. Komposisi warna dan pola daunnya juga berbeda-beda setiap jenisnya. Tentunya tidak hanya mempercantik ruangan, tanaman hias daun ini membantu menyuplai asupan udara bersih.

6. Sirih Gading

Jika Bunda ingin suasana yang segar dan cerah, coba letakkan tanaman sirih gading di dalam ruangan. Tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan, tanaman hias daun ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Sirih gading mampu menyedot zat berbahaya di udara, membuat suhu ruangan terasa lebih sejuk dan memberikan efek tenang. Menariknya, sirih gading dapat ditanam dengan media tanah maupun air.

7. Suplir

Ingin merasakan sensasi berbeda di ruangan? Coba letakkan tanaman suplir di meja kerja atau ambang jendela. Bentuk daunnya yang kecil dengan warna hijau cerah memberikan efek relaksasi pada mata. Tanaman hias daun yang unik ini juga membantu mengurangi efek radiasi dari barang-barang elektronik di rumah. Bahkan nih Bund, suplir dengan jenis adiantum mampu menyerap zat formaldehyde hingga 20 mikrogram per jam.

8. Lidah Mertua

Tanaman Hias Daun

Dikenal juga dengan nama Sansevieria, tanaman hias daun ini jadi salah satu yang populer sebagai dekorasi ruangan. Disebut juga snake plant karena bentuk daunnya yang memanjang ke atas seperti pedang, namun ada juga yang memiliki bentuk daun lebih pendek.

Bunda tidak memerlukan perawatan khusus untuk lidah mertua. Tanaman hias daun ini hanya perlu disiram dan dijemur 1-2 kali seminggu. Tidak hanya mempercantik ruangan, lidah mertua juga mampu menyerap aroma tak sedap, menetralisir udara, serta menangkal radikal bebas dari barang-barang elektronik di rumah.

Namun Bunda perlu memperhatikan peletakannya di ruangan. Jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan karena lidah mertua memiliki zat beracun yang berbahaya jika tak sengaja tertelan.

9. Sukulen

Bentuk daunnya yang kecil dengan jenis yang beragam membuat sukulen populer sebagai tanaman hias indoor. Sukulen biasanya diletakkan dalam pot kecil sebagai penghias meja kerja, ambang jendela, atau kamar mandi. Meski tak membutuhkan perawatan khusus, bentuk dan jenisnya yang beragam membuat Bunda harus mengetahui cara merawat sukulen agar tetap tumbuh subur dan cantik.

10. Oxalis

Dikenal dengan nama false shamrock, tanaman hias berdaun ungu nan cantik ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Bentuk daunnya yang unik memberikan kesan berbeda dan menarik. Namun tanaman oxalis membutuhkan sinar matahari agar tetap subur dan cantik. Jadi Bunda perlu meletakkannya di dekat jendela atau dijadikan sebagai tanaman gantung.

Nah, dari 10 tanaman hias daun di atas, mana yang ingin Bunda tanam? Tak perlu binggung, apapun pilihannya, dijamin interior hunian Bunda akan terlihat lebih menawan.

Baca Juga: