Penulis: Farichatul | Editor: Handa

Popularitas tanaman hias meroket akibat pandemi covid19. Hal ini tidak mengherankan sebab, pandemi covid19 mendorong miliaran orang di dunia untuk tetap tinggal di rumah saja. Salah satu cara menghilangkan stress akibat tidak bisa pergi kemanapun selain di rumah ini adalah dengan bercocok tanam tanaman hias.

Tanaman hias adalah jenis tanaman yang dikembangbiakkan oleh masyarakat sebab kemampuannya untuk menghias ruangan dan rumah serta kemampuan lainnya seperti, meningkatkan kandungan oksigen dalam udara di dalam rumah.

Namun demikian, popularitas yang melonjak dan manfaat yang banyak ini mendorong banyak pihak untuk menjual atau membeli tanaman hias dengan harga selangit. Berikut ini daftar tanaman hias termahal di dunia tahun 2021.

1. Juliet Rose

Juliet Rose adalah bunga mawar dengan harga termahal di dunia. Pada tahun 2006, harga mawar ini mencapai 71 miliar sampai 226 miliar rupiah per tangkai. Ini bukan karena tanpa sebab. Jenis mawar yang berwarna kuning ini memang sangat cantik dan hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu.

2. Anggrek Shenzen Nongke

Harga per tangkai anggrek jenis ini pernah dibanderol sampai 2,8 miliar rupiah pada tahun 2005. Ini karena anggrek shezhen nongke adalah jenis anggrek yang dikembangkan oleh ahli tanaman asal Tiongkok melalui penelitian selama bertahun tahun dan hanya mekar sekali dalam 5 tahun. Maka dari itu, tidak heran juga kalau nama anggrek ini diatasnamakan universitas tempat anggrek ini pertama kali dibiakkan.

3. Old Pine Bonsai

Bonsai adalah salah satu jenis tanaman hias yang harganya bisa mencapai 10 juta rupiah per pohon. Namun, itu adalah harga bonsai biasa. Sebuah pohon bonsai dikatakan sebagai bonsai yang bagus dan mature apabila pohon bonsai tersebut telah ditanam dan dibiakkan di pot selama puluhan tahun lamanya.

Jadi, tidak heran jika old pine bonsai, salah satu jenis bonsai tua ini dibanderol dengan harga 100 juta yen atau sekitar 13 miliar rupiah. Sebab, bonsai yang laku pada the International Bonsai Convention di Takamatsu, Jepang ini sudah berusia lebih dari 100 tahun lamanya.

4. Philodendron Minima Variegata

Tanaman hias termahal berikutnya datang dari genus Philodendron. Tanaman hias berdaun yang memiliki warna perpaduan kuning dan hijau ini laku seharga 8.150 USD atau sekitar 114 juta rupiah di Selandia Baru.

5. Anggrek Emas Kinabalu

Harga per tangkai bunga ini mencapai 73 juta rupiah. Selain karena bunganya yang berwarna emas dan memiliki bintik-bintik khas, bunga ini dihargai mahal oleh para pecinta bunga sebab jumlahnya yang terbatas.

Anggrek jenis ini hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Gunung Kinabalu, Malaysia, pada bulan April dan Mei. Pun demikian, tidak setiap bulan April dan Mei bunga ini akan mekar, Diperlukan bertahun tahun agar bunga ini bisa menampakkan wujudnya.

6. Monstera Obliqua

Wujud monstera obliqua memang mirip janda bolong. Akan tetapi, lubang yang ada di daun tanaman ini menganga lebar sehingga daunnya tampak lembut dan sedikit rapuh. Harga per pot tanaman ini mulai dari 50 juta rupiah. Alasanya adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin ini susah dibiakkan dan langka.

7. Half Moon Philodendron Pink Princess

Philodendron pink princess adalah sejenis tanaman Philodendron yang berdaun lebar dan berwarna hijau pekat dan pink secara bersisian. pada tahun 2019, media Horticulture Week memperkenalkan tanaman ini sebagai salah satu tanaman yang harus dimiliki. Dengan kecantikan dan polesan publikasi dari media ini, tidak heran jika harga tanaman ini per pot mencapai 18 juta rupiah.

8. Monstera Deliciosa Variegata

Harga tanaman ini bisa mencapai 8 juta rupiah hingga 11 juta rupiah per pot tergantung tingkat kerimbunan tanaman tersebut. Monstera Deliciosa Variegata menjadi tanaman hias termahal sebab corak putih hijau pada daunnya yang unik dan sulit ditemukan.

9. Alocasia Azlani

Sama seperti Monstera, Alocasia Azlani adalah tanaman berdaun lebar yang memiliki corak warna unik yaitu hijau gelap mengilap yang seolah memancarkan garis-garis tipis berwarna pink dan ungu.

Tanaman ini juga susah untuk dikembangbiakkan. Maka, tidak heran jika harga Alocasia Azlani mencapai 8 juta rupiah per pot.

Nah, itu tadi ulasan tentang tanaman-tanaman hias termahal di dunia. Silakan dipilih, Bunda mau membeli yang mana?

Baca juga: