Penulis: Diana | Editor: Handa

Persalinan adalah hari yang ditunggu-tunggu sekaligus menegangkan untuk Bunda hamil. Hari yang ditunggu karena buah hati akan hadir di dunia dan menjadi hari yang menegangkan karena takut proses persalinannya sulit dan tidak lancar.

Bunda harus tau bahwa sebelum masa persalinan datang, terdapat pembukaan saat melahirkan yang akan dialami Bunda sebagai tanda bahwa bayi siap dilahirkan. Durasi waktu pembukaan satu ke pembukaan berikutnya dapat bervariasi dan tidak sama antara ibu hamil satu dan lainnya.

Ada juga yang memakan waktu hingga berjam-jam. Semua tergantung pada kondisi tubuh Bunda hamil dan kemampuan tubuhnya untuk melebar sehingga dapat membuka jalan keluar bayi. Berikut ini Catatan Bunda rangkum tentang tahap pembukaan saat persalinan mulai dari pembukaan satu hingga pembukaan sepuluh.

Pembukaan 1 cm – Waktu untuk Bersiap ke Rumah Sakit

Pembukaan 1 ini terjadi karena leher rahim sudah melebar kira-kira dengan ukuran 1 meter. Jadi, jika Bunda sudah mengalaminya, segeralah berkemas untuk menyiapkan keperluan ke rumah sakit.

Tanda pembukaan 1 atau pertama biasanya terjadi dalam durasi berminggu-minggu sebelum proses melahirkan dimulai. Untuk Bunda yang baru pertama kali hamil bersiap-siaplah masuk ke dalam fase pembukaan pertama ini. Jangan kaget ya Bunda.

Pembukaan 5 cm diikuti dengan Kontraksi

Jika Bunda sudah mencapai bukaan 5 dalam persalinan berarti Bunda telah memasuki tahap persalinan awal. Dr. Atlas menyatakan bahwa ini pertanda rahim sudah siap untuk melahirkan. Tetapi perlu diingat juga loh Bunda, bukaan 5 ini belum tentu bayi lahir pada tahap ini juga dan biasanya Bunda masih bisa melakukan aktivitas lain di tengah konstraksi.

Bukaan 5 juga menandakan bahwa leher rahim Bunda sedang melembut dan memanjang. Hal itu bertujuan untuk memudahkan bayi ketika keluar dari rahim vagina yang akhirnya bayi terlahir di dunia.

Pembukaan 6 cm

Nah jika pembukaan sudah di atas 5 biasanya dokter akan mendampingi Bunda untuk melahirkan. Karena di masa inilah persalinan akan mulai aktif dan bukaan selanjutnya akan berlangsung  lebih cepat dibandingkan yang sebelumnya, ya Bunda. Konstraksi yang berlangsung akan terasa lebih menyakitkan dan intens karena leher rahim sedang bekerja untuk terbuka secara seluruhnya.

Pembukaan  10 cm

Bukaan 10 dianggap sebagai bukaan kesempurnaan di mana jalan bayi untuk keluar sudha lengkap, dan ibu siap mendorong bayi untuk keluar. Leher rahim sudha memanjang dan akan terus berkonstraksi penuh untuk mendorong bayi keluar dari tubuh Bunda.

Dokterpun mulai mengarahkan bunda untuk mendorong dan mengejan, namun bila bukaan telah lengkap tetapi bayi belum juga keluar. Maka akan dilakukan tindakan intervensi medis dengan menggunakan forceps, vakum, episiotomi ataupun caesar agar bayi lahir lebih cepat.

Bukaan Lahir yang Dialami Ibu Berbeda-Beda

Dr Atlas menyatakan dan menekankan secara berulang bahwa situasi setiap ibu berbeda-beda. Jadi, Bunda tidak perlu cemas soal proses bukaan ini ya. Dr. Atlas sendiri juga sering betemu pasien yang lebih sering konstraksi namun tidak mengalami bukaan sama sekali namun bisa melahirkan dalam waktu cepat.

Jadi, bagi Bunda yang sedanghamil dna akan melahirkan dalam waktu dekat. Rilekskan pikiran Bunda ya, jangan sampai terbawa stress untuk memikirkan bukaan lahir dan semacamnya. Kondisi setiap ibu hamil berbeda-beda, jadi harus siap selalu atas segala kemungkinan yang akan terjadi nanti ketika persalinan ya. Jangan lupa juga berdoa langsung kepada Allah agar dimudahkan dalam proses persalinan tersebut.

Baca juga: