Penulis: Agatha Vidya | Editor: Handa

Sholat merupakan kewajiban yang harus dijalankan bagi para umat Islam di dunia. Para umat Islam wajib menjalankan sholat karena sholat merupakan salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib dijalankan dan ditaati. Sholat yang wajib dijalankan setiap harinya adalah sholat lima waktu.

Selain sholat yang hukumnya wajib, dalam Islam juga ada sholat yang hukumnya sunnah, salah satunya sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dijalankan pada malam hari, khususnya saat di sepertiga malam. Sholat tahajud dapat dilakukan setelah Isya hingga menjelang Subuh, tetapi sholat tahajud lebih baik dilakukan pada sepertiga malam.

Sholat tahajud tentu memiliki tata cara dan waktu yang berbeda. Kapan waktu yang baik untuk melakukan sholat tahajud dan bagaimana tata caranya?

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Tahajud

Sesungguhnya, ada 3 waktu terbaik untuk menjalankan sholat tahajud.

1. Sepertiga Malam Pertama

Umat Islam dapat melaksanakan ibadah sholat tahajud mulai sepertiga malam pertama. Sepertiga malam pertama dimulai pukul 19.00 sampai dengan 22.00 atau dilakukan setelah sholat Isya. Waktu sepertiga malam pertama merupakan saat utama untuk melakukan sholat tahajud.

2. Sepertiga Malam Kedua

Selain sepertiga malam pertama, umat Islam juga dapat melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam kedua. Sepertiga malam kedua ini dimulai pada pukul 22.00 sampai dengan 01.00 dini hari.

3. Sepertiga Malam Ketiga

Selain sepertiga pertama dan kedua, sholat tahajud dapat dilaksanakan saat sepertiga malam ketiga atau sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam ketiga ini dimulai pada pukul 01.00 dini hari sampai dengan masuk waktu subuh. Sepertiga malam ketiga ini merupakan waktu yang terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud.

Dalam melaksanakan sholat tahajud, tentu harus dilandasi oleh niat agar saat berdoa dan meminta kepada Allah dapat dikabulkan. Sebelum melakukan sholat tahajud, umat Islam wajib untuk tidur terlebih dahulu. Sholat tahajud tentunya juga ada tata cara untuk melakukannya.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

1. Tidur Malam Terlebih Dahulu

Melaksanakan ibadah sholat di malam hari hanya dapat disebut sebagai sholat tahajud apabila umat Islam sesudah bangun dari tidur malam terlebih dahulu. Sholat tahajud hanya bisa dilakukan jika umat Islam yang akan melaksanakannya sudah tidur walau hanya sebentar.

2. Membaca Niat Sholat Tahajud

Seperti ibadah-ibadah pada umumnya, melaksanakan sholat tahajud juga harus dilandasi oleh niat. Umat Islam wajib melafalkan niat sebelum melaksanakan sholat tahajud di malam hari. Berikut niat yang dapat dilafalkan oleh umat Islam sebelum sholat tahajud.

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

3. Melakukan Gerakan Sholat Tahajud

Gerakan sholat tahajud sama seperti gerakan sholat lima waktu pada umumnya. Sholat tahajud dilakukan minimal dua rakaat. Dalam melakukan sholat tahajud juga dilakukan dengan membaca Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat pendek.

4. Baca Doa dan Istighfar Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud, hal yang harus dilaksanakan selanjutnya, yaitu membaca doa. Tidak ada doa yang dikhususkan untuk dibaca setelah melaksanakan sholat tahajud. Selain doa, setelah sholat tahajud juga harus mengucap istighfar, seperti:

Astagfirullaahalazhim wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya.”

Demikian tata cara dan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud. Selain doa dapat dikabulkan oleh Allah, melakukan sholat tahajud juga dapat membuat tenang hati dan pikiran serta membuat derajat kita sebagai manusia dapat diangkat oleh Allah.

Baca juga:

Sumber