Penulis: Siti Ruli | Editor: Aufia

Berada di Jawa Tengah, belum sah kalau tidak mampir ke Semarang. Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah yang menyimpan sejumlah wisata menarik dan patut dikunjungi. Bunda bisa menemukan destinasi wisata menarik mulai dari sejarah, spot menarik dan lain-lain.

Penasaran apa saja tempat wisata Semarang yang menyuguhkan pengalaman menarik tersebut? Untuk menemukan jawabannya simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk Bunda!

1. Kota Lama Semarang

wisata semarang

Berada di Semarang destinasi wajib utama yang harus Bunda kunjungi adalah Kota Lama. Seperti namanya Kota Lama, tempat ini sebenarnya merupakan wilayah dengan bangunan tua bergaya Eropa. Kota Lama Semarang ini dulunya merupakan pusat perdagangan di abad ke 19-20. 

Itulah sebabnya, Bunda akan menemukan banyak bangunan tua yang syarat akan sejarah juga beberapa digunakan sebagai resto makan hingga ini. Penasaran seperti apa konsep wisata sejarah di tempat ini? Langsung diagendakan, yuk Bund!

2. Lawang Sewu

Semarang memang banyak menyimpan wisata sejarah yang cukup memukau. Tidak kalah keren dengan rekomendasi tempat wisata sebelumnya, Bunda juga wajib datang ke Lawang Sewu.

Tempat wisata ini terkenal akan kisah mistis terowongan bawah tanah juga jumlah pintunya sebanyak 1000. Tidak hanya itu saja, Lawang Sewu dulunya merupakan kantor pusat kereta api Hindia Belanda.

3. Pantai Marina

Pantai menjadi salah satu pilihan destinasi favorit, untuk rekreasi dan bersenang-senang menyegarkan diri. Adalah Pantai Marina salah satu Pantai populer yang menawan di Semarang. Pantai ini sangat terkenal di kalangan masyarakat kota Semarang dan sekitarnya. Pemandangan matahari terbenamnya sangat bagus, loh!

4. Kampung Pelangi Semarang

Masih seputar spot foto menarik, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Semarang Kampung Pelangi. Seperti namanya tempat ini akan memanjakan mata kamu dengan berbagai warna-warna cat menarik pada tiap huniannya. Dulunya, tempat ini merupakan perkampungan kumuh lho Bunda! Namun kini, bisa dijadikan tujuan wisata menarik untuk berlibur Bunda bersama keluarga. 

5. Klenteng Sam Poo Kong

Wisata sejarah di Semarang memang tidak pernah ada habisnya. Kamu mau berwisata religi sekaligus menengok sejarah, maka Klenteng Sam Poo Kong adalah tempatnya. Tempat ini sebenarnya dikenal sebagai tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok. 

6. Chinatown Semarang dan Pasar Semawis

wisata semarang

Kalau tempat wisata satu ini merupakan surganya pecinta kuliner. Pasar Semawis adalah tujuan wisata yang recomended untuk memanjakan lidah. Di tempat ini Bunda dan keluarga dengan berbagai kuliner mulai dari seafood, olahan ayam dan lain-lain. Sayangnya tempat ini hanya buka saat jumat – minggu. 

7. Saloka Theme Park

Menutup liburan di Semarang memang paling pas kalau Bunda mengunjungi Saloka Theme Park. Tempat wisata ini merupakan taman bermain terbesar di Semarang lho Bunda. Dengan ragam permainan yang pasti disukai anak-anak. 

8. Cimory on the Valley

Cimory On The Valley, ini sebenarnya adalah sebuah restoran yang berkonsep wisata edukasi, khususnya tentang susu sapi. Namun, kamu tak hanya menemukan sapi saja, melainkan ada banyak hewan lainnya. Seperti burung, rusa, ikan, kura-kura hingga ikan buas.

Kawasan wisata ini terdiri dari restoran, shop, factory dan playground, jadi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bersama anak-anak. Bahkan ada konter khusus coklat tersebut bernama Chocomory, disini kamu bisa membeli berbagai jenis makanan dari olahan coklat asli.

Mau foto dengan latar Menara Eiffel? Di Cimory juga ada banyak miniatur landmark negra-negara di dunia.

9. Dusun Semilir

Dusun Semilir Semarang memiliki arsitektur bangunan yang unik dan menawarkan spot foto instagramable. Spot-spot foto insagramable yang dapat ditemukan di Dusun Semilir, di antaranya kandang burung raksasa, Owl Café, dan Alun-alun Eropa. Selain itu, juga terdapat studio foto yang menyediakan banyak kostum untuk digunakan berfoto-foto.

Disini juga ada perosotan pelangi raksasa setinggi 30 meter, loh Bund! Berani coba?

10.  Brown Canyon

wisata semarang

Melihat pesona tebingcuram seperti Grand Canyon di Amerika ternyata tak perlu jauh-jauh pergi. Semarang juga punya Brown Canyon yang tak kalah menarik dan indah. Tempat ini terletak di Rawosari, Tembalang, Kota Semarang. Dulunya, Brown Canyon adalah tempat galian pertambangan yang kini menjadi tempat wisata.

Dengan pesona dari tebing-tebing tinggi, pesona kian menawan dipadu dengan kolam yang kerap dijadikan spot foto. Dengan latar pemandangan yang cantik dan keren, Brown Canyon Semarang cocok dijadikan spot foto keren dan instagramable ala Amerika.

Tempat wisata di Semarang memang tidak pernah ada habisnya. Bunda bisa mengunjungi ragam destinasi mulai dari sejarah, alam sampai dengan taman bermain yang pastinya seru. Kalau datang ke Semarang, biasanya Bunda mengunjungi tempat wisata mana saja?

Baca Juga: