Penulis: Vinna | Editor: Handa

Berbagai perkembangan anak sudah dimulai sejak mereka diciptakan. Tanpa Bunda sadari, perkembangan tersebut terus berlanjut, terutama berat badan si kecil. Rata-rata berat badan bayi yang baru lahir yaitu sekitar 3,5 kilogram. Seiring bertambahnya usia, berat badan si kecil terus meningkat.

Nah, terkadang Bunda tidak menyadari apakah perkembangan berat badan bayi masih di angka normal atau justru sebaliknya. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu nih, berapa si angka ideal untuk berat badan bayi dari usia 0-6 bulan?

Berat Badan Bayi Baru Lahir

Berat badan ketika bayi lahir merupakan indikator kesehatan yang penting. Berat badan rata-rata untuk bayi cukup bulan, yang lahir antara 37 dan 41 minggu kehamilan, adalah sekitar 3,2 kg.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berat badan rata-rata bayi laki-laki cukup bulan baru lahir adalah 3,3 kg. Sedangkan, berat badan rata-rata bayi perempuan cukup bulan baru lahir adalah 3,2 kg.

Berat Badan Bayi 1-3 Bulan

Nah, untuk yang yang sudah berusia 1 bulan, berat badannya pun akan bertambah juga. Berikut ini adalah berat badan ideal bayi usia 1 bulan, yaitu:

  • Berat badan bayi laki-laki 1 bulan, yaitu 4,5 kg.
  • Berat badan bayi perempuan 1 bulan, yaitu 4,2 kg.

Sementara itu, ketika bayi berusia 2 bulan, berat badannya akan bertambah di bulan ini, sebesar:

  • Berat badan bayi laki-laki 2 bulan adalah 5,6 kg.
  • Berat badan bayi perempuan 2 bulan adalah 5,1 kg.

Lalu, saat bayi berusia 3 bulan, berat badannya kembali bertambah dari bulan lalu, menjadi:

  • Berat badan bayi laki-laki 3 bulan, yaitu 6,4 kg.
  • Berat badan bayi perempuan usia 3 bulan, yaitu 5,8 kg.

Berat Badan Bayi 4-6 Bulan

Bertambahnya usia bayi menjadi 4 bulan, maka berat badan bayi juga bertambah. Berat badan bayi di usia ini, adalah:

  • Berat badan bayi laki-laki 5 bulan, yaitu 7,5 kg.
  • Berat badan bayi perempuan 5 bulan, yaitu 6,9 kg.

Selanjutnya, di usia bayi yang ke 6 bulan, berat badannya bertambah menjadi:

  • Berat badan bayi laki-laki 6 bulan, yaitu 7,9 kg.
  • Berat badan bayi perempuan 6 bulan, yaitu 7,3 kg.

Menjaga Berat Badan Bayi

Untuk menjaga berat bada bayi tetap ideal, Bunda perlu melakukan beberapa hal, seperti:

1. Menyusui

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan buah hati direkomendasikan sendiri oleh WHO. Ini artinya Bunda tidak perlu memberi buah hati konsumsi apa pun selain ASI selama waktu ini.

2. Jangan Selalu Memberi ASI Setiap Kali Bayi Menangis

Kadang buah hati menangis karena lapar, tetapi kadang mereka menangis karena lelah, takut, bosan, tidak nyaman, atau hanya ingin Bunda peluk. Jika buah hati menangis setelah beberapa waktu setelah baru menyusui, Bunda harus mencoba beberapa hal lain sebelum memberi mereka ASI lagi.

Misalnya, Bunda bisa mencoba mengganti popok, memegang dan menenangkan buah hati, atau berbicara dan bermain dengan mereka. Jika buah hati rewel setelah baru beberapa saat disusui dan Bunda kembali memberikan ASI padahal mereka tidak lapar, selanjutnya mereka mungkin mulai menganggap mereka masih lapar saat sedang bosan, lelah, atau bahkan kesal, lalu mereka akan sulit untuk melepaskan perilaku ini ke depannya.

Di usia 0 sampai 6 bulan, bayi memang membutuhkan asupan gizi dari ASI secara eksklusif untuk mendukung penuh tumbuh kembang anak. Namun, jika Bunda merasa khawatir dengan berat badan buah hati, sebaiknya Bunda segera pergi konsultasi ke dokter.

Baca juga: