Penulis: Annisa | Editor: Aufia

Sebagai seorang muslim, kita harus mengimani adanya malaikat. Malaikat diciptakan Allah dari nur atau cahaya. Tujuan penciptaan malaikat adalah untuk menjalankan tugas-tugas khusus sesuai dengan yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah mencabut nyawa, yaitu tugas malaikat Izrail.

Sebelum ke tugas Malaikat Izrail, Catatan Bunda akan mengulas tentang sejarah atau awal mula Malaikat Izrail ditetapkan sebagai malaikat pencabut nyawa.

Kenapa Malaikat Izrail dipilih sebagai Malaikat Maut?

Dalam hadits mu’tabar yang dikutip dari Imam Ja’far al-Shadiq, dikatakan bahwa sebelum penciptaan Nabi Adam AS, Allah SWT terlebih dahulu mengabari bumi bahwa akan mengambil tanah bumi untuk menciptakan Nabi Adam AS.

Kemudian Allah SWT mengutus malaikat Jibril untuk mengambil tanah bumi. Sebelum sempat mengambilnya, bumi bertanya tentang tujuan Jibril. Malaikat Jibril pun menjelaskan maksud tujuannya. Mendengar jawaban Jibril, dengan memelas dan bumi bersumpah atas nama Allah bahwa dia tidak bisa menanggung beban manusia di bumi.

Mendengar sumpah bumi, malaikat Jibril kembali kepada Allah tanpa membawa apapun dari bumi. Kemudian Allah mengutus malaikat Mikail dan Israfil untuk mengemban tugas yang sama. Sayangnya, lagi-lagi bumi menolak. Kedua malaikat pun kembali kepada Allah.

Setelahnya, Allah mengutus malaikat Izrail. Berbeda dengan ketiga malaikat sebelumnya, Izrail bisa mengambil tanah dari bumi. Dengan pedangnya, ia menggoyangkan bumi, kemudian mengambil sebagian tanahnya. Meskipun bumi ketakutan dan bersumpah atas nama Allah.

Malaikat Izrail pun membawa tanah bumi ke hadapan Allah dan berkata bahwa ia lebih takut akan perintah Allah daripada sumpah bumi. Sejak saat itulah malaikat Izrail ditetapkan sebagai malaikat maut dan diberi beberapa kemapuan.

Apasaja Tugas Malaikat Izrail?

tugas malaikat izrail

Setelah mengetahui awal mula Malaikat ditetapkan sebagai malaikat maut, berikut beberapa tugas malaikat Izrail:

1. Mencabut Nyawa Semua Makhluk Hidup

Dikutip dari kanal Youtube NU Online; Seorang peneliti Aqidah bernama Ustaz Nur Rohmad, MA menjelaskan bahwa Malaikat Izrail ditugaskan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan ruh. Termasuk ruh para syuhada, orang yang mati syahid, begitu juga ruh binatang. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al- Imran: 185, bahwasanya setiap nyawa atau jiwa akan menemui ajalnya. 

Dalam melaksanakan tugasnya yang diperintah oleh Allah SWT, malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah SWT. Ketika akan mengambil nyawa seseorang, dia bisa menjangkau seluruh area dunia dengan mudah. Bahkan, dia bisa membolak balikkan dunia semudah manusia membolak-balikkan uang.

2. Mencabut Nyawa dengan Cara Berbeda Berdasar pada Baik Buruknya Amal Manusia

Ketika melakukan tugasnya, malaikat Izrail mencabut nyawa seseorang dengan cepat. Jika ruhnya seorang muslim yang taat dan shaleh, maka dia akan dilepaskan dengan dibungkus kain kafan dan diberi keharuman dari surga.

Namun ada perlakuan yang berbeda dari malaikat Izrail ketika mencabut nyawa orang yang mendurhakai Allah SWT. Ia mencabutnya dengan cara yang menyakitkan. Ini karena penolakan mereka untuk menaati Allah SWT selama hidup mereka.

Bahkan, dalam buku “Malaikat Yang Paling Setia dari Makhluk Allah” yang diterbitkan oleh Lingkar Pena disebutkan, penghilangan roh orang-orang yang mendurhakai Allah dilakukan secara kasar. Malaikat maut melakukannya sambil memukul wajah dan punggung hamba yang durhaka. Sehingga hamba tersebut akan mati dalam keadaan yang buruk atau su’ul khatimah.

3. Mengunjungi Manusia Tiap 21 Menit Sekali

Tak hanya mengunjungi manusia saat akan mencabut ruhnya, ternyata malaikat maut juga sering mengunjungi manusia. Setidaknya hingga 70 kali dalam sehari atau tiap 21 menit sekali. 

Hal ini pernah dijelaskan dalam hadist nabi yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Abbas. Rasulullah berkata bahwa Izrail datang dan memperhatikan wajah-wajah manusia yang sedang tertawa-tawa.

Maka berkatalah Izrail: Alangkah herannya aku melihat orang ini, sedangkan aku diutus oleh Allah SWT untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih bersenang-senang bergelak tawa”.

Rahasia Allah SWT Terhadap Ajal Membuat Malaikat Izrail Menangis dan Tertawa

Dari sebuah kitab Tadzkirah karya Imam Qurthubi dijelaskan, rahasia Allah SWT mengenai kematian telah membuat malaikat Izrail menangis dan tertawa ketika akan mencabut nyawanya. Menyaksikan bagaimana seseorang dengan percaya diri akan menyambut hari esok, tanpa tahu bahwa esok harinya adalah hari kematiannya.

Allah pernah bertanya kepada malaikat Izrail, apakah ia pernah menangis saat mencabut nyawa. Ia pun menjawab bahwa pernah menertawakan manusia yang sangat percaya diri seakan bisa hidup selamanya. Padahal sebenarnya ia bisa mati kapan saja. Malaikat Izrail juga pernah menangis saat mengambil nyawa perempuan yang baru saja melahirkan. 

Bunda itulah tugas malaikat Izrail. Karena umur dan maut adalah rahasia Allah SWT, semoga dengan mengajarkan tugas malaikat Izrail ke anak, keimanan mereka akan bertambah kuat. Aamiin

Baca Juga: