Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Kehamilan 2 bulan adalah salah satu fase penting dalam kehamilan yang perlu Bunda perhatikan. Pada fase ini, si kecil akan mulai berubah dari embrio menjadi janin dalam perut Bunda.

Perlu digarisbawahi, pada usia ini keguguran juga seringkali terjadi. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu tanda fisik, perkembangan janin, dan apa yang harus dilakukan saat memasuki usia kehamilan 2 bulan. 

Kira-kira apa saja ya? Kalau Bunda penasaran, boleh banget loh kepoin ulasan di bawah ini!

Apa Tanda Fisik Ibu Hamil 2 Bulan?

Hamil 2 Bulan Begini Ukuran Perut dan Perkembangan Janin dalam Rahim 1

Tanda-tanda fisik kehamilan 2 bulan cenderung sama dengan gejala kehamilan bulan pertama namun agak lebih intens karena perubahan kadar hormon dalam tubuh. Dalam fase ini, umumnya ibu hamil mengalami:

1. Pembesaran payudara 

Selain payudara membesar, puting juga lebih menonjol dan warnanya lebih gelap. Beberapa sumber menyebutkan kalau kondisi ini disebabkan dengan meningkatnya kadar estrogen dan progesteron serta membesarnya lobulus payudara. 

2. Morning sickness

Pada kehamilan 2 bulan Bunda akan sering merasa mual dan ingin muntah. Sebenarnya morning sickness ini tidak membahayakan proses pertumbuhan janin. Hanya saja, dapat mempengaruhi mood makan bumil. Padahal makan makanan yang bergizi juga penting dalam kehamilan.

3. Mudah gerah dan mood swing

Kenapa emosi bumil sering naik turun? Hal ini karena adanya peningkatan hormon progesteron. Apa kaitannya?

Peningkatan kadar progesteron mengakibatkan meningkatnya jumlah darah yang beredar di dalam tubuh, alhasil kinerja otak juga ikut terpengaruh kondisi ini. Makanya tak heran kalau ibu hamil akan lebih cepat merasa gerah dan mudah marah-marah. 

4. Peningkatan frekuensi buang air kecil

Perubahan hormon selama kehamilan juga menyebabkan aliran darah dan cairan ke ginjal lebih cepat dari biasanya, makanya ibu hamil akan sering buang air kecil. Faktor lain yang menyebabkan kondisi ini adalah pertumbuhan janin yang mulai menekan kandung kemih.

5. Rasa nyeri pada rahim. 

Saat hamil dua bulan, janin mulai berkembang, makanya ukuran rahim mulai membesar kira-kira sebesar buah jeruk. Maka dari itu, tidak heran kalau pinggang jadi lebih lebar dan merasakan sedikit nyeri di bagian rahim. 

Oh iya, meskipun rahim mulai membesar namun perubahan bentuk perut belum begitu terlihat, Bund! Namun, ada beberapa wanita yang perutnya terlihat lebih besar karena faktor-faktor tertentu. Misalnya telah mengalami kehamilan sebelumnya atau adanya otot dan lemak perut.

Selain tanda-tanda fisik di atas, biasanya ibu yang sedang hamil 2 bulan juga akan merasakan gejala lain seperti:

  • Hidung tersumbat
  • Gusi melembut
  • Keputihan
  • Sembelit dan lain sebagainya. 

Perlu Bunda ingat, setiap ibu hamil merasakan gejala yang berbeda-beda. Tapi kalau Bunda merasa ada gejala yang di luar batas kewajaran, segera periksakan ke dokter kandungan.

Lalu, Bagaimana Kondisi Janin Saat Kehamilan 2 Bulan?

Hamil 2 Bulan Begini Ukuran Perut dan Perkembangan Janin dalam Rahim 1

Dalam tahap ini, ekor yang awalnya ada pada embrio mulai menghilang sehingga terbentuklah janin. Ukuran janin pun mulai membesar sehingga pada akhir masa ini, ukuran si kecil sudah mencapai 2,54 cm dengan berat 9,45 gram. 

Tahukah Bunda, pada usia kehamilan 2 bulan, bentuk wajah dan anggota tubuh lainnya (daun telinga, alat kelamin, dan plasenta) mulai terbentuk walaupun belum bisa dikenali. Janin pada usia ini lebih mirip ke makhluk hidup berbentuk tabung yang melengkung. 

Tips Untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Untuk membantu Bunda menghadapi usia kehamilan 2 bulan, berikut ini Catatan Bunda berikan tips do’s and don’ts. Simak, yuk!

Do’s

    • Makan makanan dan minuman yang kaya gizi seperti sayuran, ikan dan bahan makanan lain. Terutama yang banyak mengandung karbohidrat, protein, asam folat dan gizi lain yang dibutuhkan tubuh. 
    • Kalau morning sickness cukup mengganggu pola makan, segera ke dokter untuk meminta suplemen-suplemen tambahan yang dibutuhkan. 
    • Kalau Bunda ingin mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat maag, sakit gigi, dll; jangan ragu untuk bertanya kepada bidan atau dokter kandungan.
    • Tetap berolahraga tapi yang ringan-ringan saja. 
    • Menghindari rokok dan asap rokok. 
    • Menghindari konsumsi alkohol.
    • Kurangi stress. 
    • Beli pakaian yang adaptif dengan kondisi kehamilan.

Don’ts

    • Makan daging mentah dan menyentuh hewan peliharaan secara berlebihan. 
    • Makan terlalu banyak.
    • Sering keluar malam. 
    • Pergi ke tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas sehingga bisa memancing kelelahan dan dehidrasi.

Sudah tahu kan bagaimana bentuk perut, gejala, dan perkembangan janin pada ibu hamil 2 bulan. Tetap jaga kesehatan dan pola makan, ya Bund! Supaya bunda dan dedek bayinya tetap sehat. Dan jangan lupa, konsultasi ke dokter kandungan atau bidan jika ada gejala yang tidak wajar.

Baca Juga:

Sumber