Penulis: Annisa | Editor: Handa

Flek paru-paru dalam medis biasa disebut TBC atau tuberkulosis, yaitu salah satu penyakit menular yang berbahaya. Penyebabnya adalah adanya infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang bisa menyerang siapa saja, termasuk pada anak-anak dan dewasa. TBC menginfeksi hampir semua organ tubuh, mulai dari kulit, usus, tulang, dan lain-lain.

Namun TBC paling sering menyerang paru, hal ini mengapa banyak yang menyebutnya sebagai flek paru-paru. Penyakit TBC bisa mematikan, namun ada juga yang sembuh total jika pengobatan dilakukan benar dan efektif. Umumnya, penyakit TBC pada anak bisa terjadi karena adanya kontak langsung dengan pengidap orang dewasa.

Bakteri tersebut kemudian menyebar ke udara, dan menetap di paru-paru. Kemudian bakteri menyebar ke bagian tubuh lainnya. Oleh sebab itu, Bunda harus waspada dengan mengenali tanda-tandanya supaya bisa mengantisipasi.

Tahap Infeksi dan Tanda Flek Paru-paru pada Anak

Flek paru-paru atau TBC, dibagi menjadi dua stadium, yaitu:

1. Tahap Terpapar

Pada tahap ini, anak sudah terinfeksi bakteri TBC. Namun jika anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, bakteri penyebab TBC dapat lambat pertumbuhannya sehingga tidak menimbulkan gejala apapun.

Bahkan, pada beberapa kasus, terutama pada anak yang lebih besar, infeksi hanya mencapai tahap terpapar. Jika demikian yang terjadi, anak tidak akan mengalami keluhan apapun. Meskipun dari hasil pemeriksaan telah menunjukkan adanya infeksi.

2. Penyakit TBC Aktif

Lain halnya yang terjadi jika daya tahan tubuh seorang anak tidak mampu melawan bakteri TBC yang masuk dalam tubuhnya, bakteri penyebab TBC akan berkembang biak. Berikut adalah tanda adanya gejala TBC pada anak yang harus Bunda ketahui:

  • Batuk panjang yang tidak kunjung hilang lebih dari 3 minggu.
  • Demam lebih dari 2 minggu.
  • Batuk darah.
  • Tubuh lemah.
  • Kehilangan selera makan.
  • Berat badan tidak bertambah.
  • Sesak napas.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.

Faktor Risiko TBC yang Harus Diwaspadai

Beberapa hal yang perlu Bunda waspadai terkait penyakit TBC, yaitu:

1. Imunitas Lemah

Salah satu faktor yang membuat penyakit TBC mudah menular adalah daya tahan tubuh yang lemah. Oleh sebab itu, tubuh tidak terlalu kuat dalam melawan serta mencegah infeksi bakteri tersebut. Adanya gizi buruk pada anak juga berisiko.

2. Lingkungan

Faktor tempat tinggal ternyata juga mampu meningkatkan risiko penyakit ini. Flek paru-paru diketahui lebih rentan terjadi pada orang yang tinggal di lingkungan yang padat penduduk.

Selain itu, kebersihan lingkungan yang buruk juga dapat memicu. Tinggal di dekat orang penderita TBC juga dapat berisiko membuat bakteri lebih mudah untuk menyebar.

Gejala flek paru-paru atau TBC pada anak lebih sulit dikenali jika masih dalam tahap terpapar. Terutama pada anak yang berusia kurang dari 7 tahun, Mengingat gejala flek paru pada anak berbeda dengan orang dewasa. Itu dia beberapa tanda gejala flek paru-paru pada anak, dan faktor risiko yang perlu Bunda waspadai guna mengantisipasi terjadinya penularan bakteri penyebab flek paru-paru.